Upaya Peningkatan Kualitas Sdm Melalui Mata Kuliah Kepemimpinan Pendidikan Di Stai Samora Pematangsiantar

Upaya Peningkatan Kualitas SDM Melalui Mata Kuliah Kepemimpinan Pendidikan Di STAI Samora Pematangsiantar

Authors

  • Cynthia S.Pd., MM
  • Asmarani Nasution, MSI

Keywords:

Sumber Daya Manusia, Kepemimpinan, Peningkatan

Abstract

Pendidikan berperan penting dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) merupakan hal yang krusial dalam era globalisasi ini, terutama di Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Samora Pematangsiantar. Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui mata kuliah Kepemimpinan Pendidikan, yang bertujuan untuk mempersiapkan mahasiswa dengan keterampilan kepemimpinan yang esensial. Upaya ini merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kualitas SDM yang menentukan keberhasilan organisasi.Pendidikan dan pelatihan menjadi pondasi utama dalam pengembangan SDM, sejalan dengan nilai-nilai Islam yang menekankan pentingnya ilmu pengetahuan dan kepemimpinan, seperti yang terdapat dalam Al-Qur'an dan Hadis. Kemampuan adaptif dan inovatif dalam kepemimpinan sangat diperlukan dalam menghadapi tantangan globalisasi dan teknologi. Dengan demikian, integrasi yang holistik antara teori dan praktik kepemimpinan menjadi krusial dalam memajukan kualitas SDM di institusi pendidikan. Kurikulum dirancang secara komprehensif dengan mencakup teori kepemimpinan, studi kasus, simulasi, dan proyek lapangan serta metode pembelajaran aktif. Peningkatan kualitas SDM melalui mata kuliah Kepemimpinan Pendidikan ini juga didukung oleh konsep pendidikan dan kepemimpinan dalam Islam, yang menekankan pentingnya ilmu pengetahuan dan kebijaksanaan. Temuan ini menunjukkan bahwa integrasi antara pendidikan dan kepemimpinan dapat secara signifikan meningkatkan kualitas SDM yang diperlukan untuk menghadapi tantangan globalisasi dan perkembangan teknologi.

References

Al-Bukhari, Muhammad ibn Ismail. Sahih al-Bukhari. Riyadh: Darussalam Publishers.

Bass, B. M., & Avolio, B. J. (1994). Improving Organizational Effectiveness through Transformational Leadership. Sage Publications.

Bennis, W. 2009. On Becoming a Leader. Basic Books.

Branson, R. 2014. The Virgin Way: Everything I Know About Leadership. Portfolio.

Christensen, C. M. 1997. The Innovator's Dilemma: When New Technologies Cause Great Firms to Fail. Harvard Business Review Press.

Departemen Agama RI. 2020. Al-Qur'an dan Terjemah. Sidoarjo: CV.Alfasyam Jaya Mandiri.

Drucker, P. F. 1999. Management Challenges for the 21st Century. Harper Business.

Friedman, T. L.2005. The World is Flat: A Brief History of the Twenty-First Century. Farrar, Straus and Giroux.

Goleman, D. 1995. Emotional Intelligence: Why It Can Matter More Than IQ. Bantam Books.

Hadis Ibnu Majah, Kitab Al-Ilm.

Hendrawan, Sanerya, dkk, 2012, Pengembangan Human Capital, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Maxwell, J. C. 1998. The 21 Irrefutable Laws of Leadership: Follow Them and People Will Follow You. Thomas Nelson.

Mayo, E. 1933. The Human Problems of an Industrial Civilization. Macmillan.

Pfeffer, J. 1998. The Human Equation: Building Profits by Putting People First. Harvard Business Review Press.

Robbins, S dan Coulter, M. 2007. Manajemen. Jakarta: Indeks.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. 2013. Organizational Behavior. Pearson Education.

Senge, P. M. 2006. The Fifth Discipline: The Art and Practice of the Learning Organization. Doubleday.

Suharyanto, Hadna, 2005, Manajemen Sumber Daya Manusia, Yogyakarta : Graha Ilmu.

Yukl, G. 2006. Leadership in Organizations. Pearson Education.

Published

2024-07-20

How to Cite

S.Pd., MM, C., & Nasution, MSI, A. . (2024). Upaya Peningkatan Kualitas Sdm Melalui Mata Kuliah Kepemimpinan Pendidikan Di Stai Samora Pematangsiantar: Upaya Peningkatan Kualitas SDM Melalui Mata Kuliah Kepemimpinan Pendidikan Di STAI Samora Pematangsiantar. JURNAL ABSHAR: Jurnal Hukum Keluarga Islam, Pendidikan, Kajian Islam Dan Humaniora, 4, 46–52. Retrieved from https://www.ojs.staisamora.ac.id/index.php/samora/article/view/78