Pengaruh Penerapan Metode Tanya Jawab Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI MPLB 2 SMK-1 Swasta Tamansiswa Cabang Pematangsiantar T.P 2024/2025
Keywords:
Pengaruh, Metode Tanya Jawab, Motivasi BelajarAbstract
Beberapa masalah yang dihadapi oleh peserta didik dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam yaitu siswa kurang aktif dan cenderung bosan dalam proses pembelajaran sehingga berdampak Menurunnya motivasi belajar, salah satu penyebabnya adalah jam pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI MPLB 2 dilaksanakan pada jam terkahir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingakatan motivasi belajar siswa pada materi Berpikir kritis dan semangat mencintai IPTEK di SMK-1 Swasta Tamansiswa Cabang Pematangsiantar. Rancangan penelitian yang digunakan adalah One Group angket. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MPLB 2 yang berjumlah 23 orang. Pengumpulan data menggunakan metode pengumpulan data yaitu observasi, lembar tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode tanya jawab berpengaruh kepada motivasi belajar siswa pada materi Berpikir kritis dan semangat mencintai IPTEK Pada hasil belajar, berdasarkan hasil uji normalitas diperoleh hasil yakni nilai signifikansi 0,200 > 0,05 yang menyatakan bahwa hasil data untuk Metode dan motivasi berdistribusi normal. Hasil uji -t diperoleh dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05, maka dapat disimpulkan Ho ditolak dan Ha diterima yang artinya adanya pengaruh metode tanya jawab terhadap motivasi belajar siswa pada materi Berpikir kritis dan semangat mencintai IPTEK. Nilai pengaruh tersebut berkategori signifikan dengan membandingkan nilai thitung sebesar 4,161 dan nilai ttabel sebesar 2,079. dengan yang diperolehnya thitung > ttabel sehingga dikategorikan berpengaruh meningkatnya motivasi belajar siswa dan menghitung nilai koefisien determinasi, R2 sebesar 0.452.
References
Aqib,Zainal . Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. Bandung : Yrama Widya, 2020.
Dimyati dan Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran . Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2015.
Hakim, Arif Rahman, Metode Pengajaran Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi, Al-Mabsut : Jurnal Studi Islam dan Sosial, 9, no.2, 2015.
Nizar, Samsul. Pengantar Dasar-dasar Pemikiran Pendidikan Islam Jakarta : Gaya Media Pratama, 2019.
R. Ibrahim dan Nana Syaodih S. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2010.
Rosnawati. Teori – Teori Belajar dan Pembelajaran . Jawa Barat : CV. Adanu Abimata, 2020.
Sardiman. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Press, 2018.
Slameto. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta, 2019.
Usman, M. Basyiruddin. Metodologi Pembelajaran Islam. Jakarta: Ciputat Pres, 2010.
Usman. Manajemen Teori, Praktik dam Riset Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara, 2013.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Samro Himtihani Nasution, Fachmi Nugraha Fachrezy, Erayadi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (Refer to The Effect of Open Access).